Senin, 30 Juli 2012

Senyum Ramadhan : BukBer Nasi Bancakan

Senyum Ramadhan, mudah-mudahan masih selalu terpancar di bulan Ramdhan ini, hampir sepuluh hari pertama kita lalui bulan puasa ini,semoga kita semua selalu di beri kesehatan untuk menjalani nya. Dan jauhkan lah aku dari sakit gigi selama puasa . 
Amin.

Bulan Puasa identik dengan acara Buka Bersama (BukBer), rasanya ga afdol ya kalo ga melakukan hal yang satu itu, entah itu sama keluarga, temen, sahabat dan kerabat jadi ajang silaturahmi juga. 

Ceritanya  melakukan aksi demo di rumah, setiap bulan Ramadhan tiba, selalu berbuka puasa bareng Olive aja berdua, tanpa si Papa. Dulu Olive suka nanya aja, kenapa ya Papa ga pernah buka di rumah.
Tapi sekarang udah gede dan mulai mengerti kalo Papa pas waktunya buka masih di kantor atau di jalan, ato banyak acara ini itulah.Gpp Ol, yang penting pulang dengan selamat nyampe rumah dan bisa berkumpul lagi..

Alhamdulillah meskipun cuma berdua, tidak mengurangi kebahagiaan dan keceriaan menjelang detik-detik waktunya berbuka. Dari mulai masak dan mempersiapkan berdua.  Makanya pas  Wiken, adalah waktunya family day untuk Bukber bareng Papa. Waktunya stop memasak *putus hubungan sama dapur*. 

Setelah keliling ngabuburit mencari tempat makan  penuh semua, jatuhlah pilihan ke tempat makan biasa di Nasi Bancakan. Hari biasa aja penuh apalagi pas waktunya buka puasa, hrrgghh mau makan aja kok repot, tapi ya itulah sensasinya  BukBer di luar rumah, antri makan, rame.

Nasi Bancakan kalo di sunda tuh, biasanya di bagikan sewaktu ulang tahun, pake daun di bentuk jadi wadah, isinya nasi kuning/putih, urap, prekedel,tempe goreng, kerupuk, sekedar merayakan hari lahir dan berbagi. Tapi sekarang mah jarang bahkan ga pernah ada yang melakukan tradisi itu. 

Nasi Bancakan jaman sekarang adalah tempat makan dengan suasana dan masakan ala kampung jadul. Masakan khas sunda banget, lalap2an, ulukuteuk lenca, tutut dlll.
Begitu masuk, suasana Ndeso langsung terasa. Tidak ada AC, tidak ada interior design yang modern, yang ada adalah hiasan anyaman bambu, petromak dan semua yang serba kampung. Dan harga nya pun Murah Meriah pas di kantong.
Dan ada tulisan  yang sepertinya secara rutin diganti dengan kata-kata mutiara dalam bahasa Sunda ,Pelayan yang menyambut pun menggunakan pakaian ala Sunda. 

Resiko mengantri harus di tanggung kalo kita mau Bukber di luar rumah, begitu pun di Nasi Bancakan, sampe 40 menit  baru dapet sepiring makan. 
Pas Adzan magrib berkumandang, antrian masih panjang, aku dan Olive yang lagi antri  di kasih sebotol  air mineral sekedar buat Takjil sama aa pelayannya, Lalu menyantap 1 buah Kue balok panas, wadoh nikmatnya *antrian masih panjang*
Hanya bisa memandang orang lain yang lagi kalap makan, hihii.. 

Sambil antri iseng moto in :
Banyak tulisan yang berbahasa sunda, dan cekikikan sama Olive yang minta di terjemahin,hihi

Ini nih yang khas di Nasi Bancakan, piring seng dan gelasnya, berasa jaman dulu waktu aku  kecil  pernah ngalamin pake ini waktu tinggal sama Mbah, selalu ngangenin makan pake piring ini.

Makanan nya Parasmanan, menyajikan makanan khas sunda banget, dari nasi liwet, segala ada tuh suka pusing milihnya, tapi kalo makan disini tetep paling nikmat sama asin peda bakar
Hmm.. berbagai macam sambal plus coet nya yang segede gaban,sambal. Berhubung aku ga terlalu suka pedes, jadi  ngambilnya se iprit aja, dan sambal oncom  paporitku..

Setelah Perjuangan mengantri  setengah jam lebih, akhirnya dapet tempat duduk lesehan di samak *tiker*,  eh kenapa kalo aku di poto kaosnya meski kuning lagi ya * stok paling banyak warna kuning*. Wadooh  Nasi liwet, bihun kecap,tumis daun singkong, peda, dan semur teeettt *di sensor* Plus Teh panas, alhamdulillah nikmat ya..

Kue Balok  berikut  lihat cara bikinnya di situh, di bakar gitu ya.
Kalo sahabat pengen yang seger-seger ada beberapa  tempat minuman es Goyobod, Cingcau , terus es goyang plus rodanya. BAnyak lagi jajanan khas sunda, ga tau namanya xixii.Ga ada fotonya *low bat hpnya*
Olive yang beli Es goyang, hhiih ngilu, orang bandung lagi dingin gini, minum es..*Mamanya nyengir*

Tampak depan, tapi selama Bulan Ramadhan , halaman  tempat parkir di pasangin Tenda dan di amparin karpet, biar pengunjung bisa tambah banyak,  bener-bener BukBer massal
Lagi..lagi Olive nanya Ma, apa artinnya tuuh tulisan di atas

Setiap makan disini bawaannya kemerkaan *istilah sunda, bahasa indonesia nya apa ya (mungkin kekenyangan)* dan selalu nikmat selama ditemani , nasi liwet dan teman-temannya, apalagi bersama keluarga, temen sahabat dan kerabat.

Hei Buat sahabat Blogger yang lagi liburan ke Bandung, jangan lupa mampir sini ya.k alo wiken pasti nih penuuh sama Plat B dan wisatawan luar kota lainnya *pengamat plat * 

Ayo yang rindu kampung halaman, rindu makan kampung dan suasana kampung, mampir sini..!!

Nasi Bancakan (deket Gedung Sate)
Jl Trunojoyo 62
Bandung
Telp : 022-4203650
Senin – Sabtu : 10.00 – 22.00
Minggu : 09.00 – 22.00 


47 comments

30 Juli 2012 09.22

haduh Teteh..masih pagi udah liat penampakan makanan2 ini, jadi ngileer... hihihi
masih lama ya jam 6 .. ;p

30 Juli 2012 09.45

setiap mau kesana, gak kuat antrinya .... panjanggggggggg banget. Jadi sampe sekarang belum pernah tuh makan di Bancakan. Apalagi bulan puasa kayak gini. Kayaknya harus dateng kesananya mulai jam 4 sore kali ya .. hehehe

30 Juli 2012 10.28

liat fotonya langsung jd lapar ... :D

30 Juli 2012 11.46

jadi kepengen es goyobod sm asin peda bakar *ngacay suracay*

30 Juli 2012 11.48

waaa aku mau banget makan di tempat seperti itu ..
xixixxi itu tulisan nya campur2 yaa haha
depan nya sunda ujung nya indo hahaha :D

30 Juli 2012 13.07

Bukber Nasi Bancaan sambil diiringi suara lembut Pasha Ungu...
Nyam... nyam....

30 Juli 2012 14.12

selain itu harga di bancakan juga bersahabat di kantong ya teh,,syuukaa deh. tapi untuk rasa lebih enak di tempat makan sunda sebelahnya IMO sih :)

30 Juli 2012 14.31

Baru bisa membayangkan nikmatnya Teh :D Ehhh boleh nggak ya, ngebayangin, secara masih puasa :)

30 Juli 2012 14.46

@DesiHihi..bentar lagi kok De 3 jam an

30 Juli 2012 14.46

@deyIya antri mulu, apalagi kalo pas jamnya makan..

30 Juli 2012 14.47

@direlunghati samaa

30 Juli 2012 14.47

@Orin Geuleuh ihh Ngacay suracay..hihihi
Sini atuh Rin, kapan ka bandung lagi..nanti di ajakin kesinih..

30 Juli 2012 14.48

@dea Ayoo.. iya mungkin biar pada ngerti juga de..

30 Juli 2012 14.48

@marsudiyanto hmm..tambah laper ya ..

30 Juli 2012 14.49

@kania Betuull sekalii..
Masalah Rasa itu selera..

30 Juli 2012 14.49

@Yunda Hamasah Boleh-boleh aja,asal jangan di cicipi kan Mba hehe...

30 Juli 2012 14.57

Huaah teh nchie itu pake piring seng, dipedalaman berharga banget, jarang2 lho piring begituan lagi, banyak2nya yang kaca :D

Itu artinya apann spanduknya?? #ikutan olive :D

30 Juli 2012 16.00

semur...teet...jengkol apa peteuy eta teh?

heuheu

30 Juli 2012 16.13

klo tadi sempat ketemu, kayaknya pake kuning jugaaa.. #peluk2 yang pundung. ;p

30 Juli 2012 16.30

Wenak bancakan rek!
Apalagi rame2 tambah nikmat hidangannya..

30 Juli 2012 19.27

Wow, enak nchie... Itu sambalnya juga, hehe

30 Juli 2012 23.26

@Niar Ci Luk Baa hahha...sini niar, tinggal ambil tuuh piring sengnya..

minta maap kalo ada pelayanan yang kurang memuaskan , begitulah kira2..

30 Juli 2012 23.27

@obat tipes alami ckckkk..emang ada yang semur peuteuy??

30 Juli 2012 23.28

@LJ Yah..yah..
#lagi Pundung Akut ..

30 Juli 2012 23.29

@JavasSetujuu

30 Juli 2012 23.48

tempat makan favorit sy itu teh.. sering kesana kl lagi di Bdg.. rame terus ya.. sayang tempatnya gak bs di booking.. :D

30 Juli 2012 23.53

@Gandi hmm ..buat Gandi sambelnya ajah...

30 Juli 2012 23.54

@ke2nai Emang chi..
Hapunten tos di pesen..
Padahal mah belom ada yang pesen ya, nunggguin yang antri paling depan dulu, hhe..

31 Juli 2012 03.06

baru tahu yg namanya kue balok :)

lama juga tak melihat piring dan cangkir seng

jadi ingin pulang kampung :)

31 Juli 2012 09.50

semur yang disensor itu semur apa ncie?? hmm, pake disensor segala, bikin dhe jadi penasaran aja..

dulu dirumah dhe masih ada lho piring seng, tapi sekarang udah gk ada lagi.. padahal sensasi makannya beda yaa ncie, berasa lahap.. hehe.. eh ncie, besok kalo dhe ke Bandung, ajak kesana yaaa ;)

31 Juli 2012 10.07

minta traktir orang bandung ah...:)

31 Juli 2012 13.58

@duniaely hehe..masa sih,..
Ayo atuh kesini biar bisa lihat dan make piring seng nya..

31 Juli 2012 13.59

@dhenok habibie Oke deh,,
Kapan aja Dhe Ke BAndung pokoknya koling2..
Nanti tak ajakkin kesana..!!

31 Juli 2012 13.59

@mang jazi Boleh Mang..
Tapi cukup satu porsi saja ya..!!
xixiix..

31 Juli 2012 15.46

piring sama gelasnya...
jadi kelingan karo simbah neng ndeso je...
hehehe

31 Juli 2012 17.24

wah..piring & cangkirnya jadul abis ya Nchie... jadi pengen nyobain juga ke situ ih... oya, knapa atuh itu semur pake sendor? hehe...

31 Juli 2012 17.25

oya istilah kami buat kekenyangan itu 'kemlekaren' :D

1 Agustus 2012 00.42

Waaahhhh Uenak Tenan e... Jadi kepengen awakku karo Nasi Bancakan ngono... hehehe :D

1 Agustus 2012 04.20

@irmarahadian hihiihi..iya bener MAm..

1 Agustus 2012 04.20

@Mechta hahhaa..wwkkk..biar penasaran..

1 Agustus 2012 04.20

@Mechta hampir menyerempet ya..

1 Agustus 2012 04.21

@SlameTux mriki..mriki MAse,,,

1 Agustus 2012 05.31

waaaah piring dan gelas kalengnya bener-bener ngangenin!
Jadi pengen beli satu pasang utk bawa ke Jepang :D

2 Agustus 2012 00.48

@imelda xixixii..emang aneh tuh Mba..

5 September 2012 09.46

wah kepengen banget belajar B. Sunda, ..

5 September 2012 09.47

info yang sangat menarik buat di pelajari, ...

5 September 2012 09.48

jadi laper nih liat makanan. ////

Posting Komentar

ª

Grey Floral ©  Copyright by mama olive | Template by Blogger Templates | Blog edit by olivi@network