Sabtu, 09 Juni 2012

Pelajaran Bahasa Sunda, Tidaaak..!!

Hari ini terakhir UKK di sekolahnya Olive, di tutup dengan ujian pelajaran Bahasa Sunda  lanjut  ujian praktek berenang.
Ahh, menyenangkan bukan, bisa menghirup udara segar..
Perasaan kalo nemenin belajar, biasanya  cuma duduk sambil baca dengerin musik, giliran kemaren  bikin mumet, Olive banyak nanya mulu, hadooohhh, browsing ahh ..tanya mbah..!!

Karena aku termasuk perpaduan Indo *jawa-sunda*, hanya sebatas mengerti yang umumnya aja baik bahasa sunda atopun jawa. Di rumah sehari-hari pun pake bahasa indonesia aja, cuma logatnya  yang sunda.
Sungguh memalukan ya warga sunda, kagak bisa bahasa sunda, ada undak unduk bahasanya, itu yang bikin pusing tujuh keliling *mungkin setiap bahasa daerah begitu kan*

Mertua komplen..
Mertuaku asli Sunda dari Sukabumi, sundanya  halus. Tiap berkunjung kesana, selalu saja nambah kosakata  baru bahasa sunda. Apalagi kalo nyuruh atau nanya ke Olive pake bahasa sunda *olive bengong, apa katanya Ma?*
Mimih *mamamertua* cerewet, bilang "Nie kok si Olive ga tau bahasa sunda ya,  tiap di tanya pasti geleng-geleng kepala, ajarin donk kasihan, kan tinggal di Sunda.." #langsung nyengir kuda
Iya, Mih..!!

Ternyata pelajaran Bahasa Sunda susah . Tidak seperti yang di bayangkan, selalu menganggap remeh, padahal mah mumet. Tapi bersyukur nilai pelajaran bahasa sundanya Olive masih aman saja, di rapor  masih diatas 80.
Kalo di suruh memilih mendingan  ngajarin matematika dari pada bahasa sunda.

Alhamdulillah, bukan aku aja yang merasa begitu, hampir semua Emak2 di sekolah punya keluhan yang sama, tiap ada PR bahasa sunda *telponmimih* pasti heboh telpon2an.

Daaan bener-bener mati gaya, kalo ketemu temen ada yang ngomong sunda halus, bingung jawabnya apaaa *ga ngerti*..
Cari aman aja, jawabnya pake bahasa indonesia hhe..

Ini cerita bahasa sundaku yang kurang pandai..
Gimana cerita bahasa daerah kalian Sahabat..

Happy Wiken 


#masih ngapalin kaler, kidul, wetan, kulon
kalo kidul = inget pantai selatan,Nyi Roro Kidul
kalo wetan= inget mudik, ke wetan ~ timur 
kalo kulon= inget ujung kulon ~ barat
sisanya pasti utara

#biar besok  Olive nanya, emaknya pinter..!!



62 comments

9 Juni 2012 00.30

suamiku orang sunda mbak, dan kita nggak punya sodara dekat yang bisa di ajak ngomong sunda.Aku orang Riau,bahasanya melayu.Jadi di rumah bahasa Indonesia aja..,tapi kadang suamiku ngomel juga ngajarin anak-anak lidahnya kaku banget ngomong sunda..,paling bisa ya "nuhun..,nuhuun".Itu juga karena sering denger ayahnya lagi nelpon sodaranya.Kalo aku, bisanya "kumaha-kumaha"hehehe

9 Juni 2012 03.37

aku berkenalan dengan bahasa sunda lewat teman, sepasang suami istri yang tinggal di Jepang kira-kiranya bersamaan denganku. Tapi tetep aja ngga bisa bicara. Ngerti dikit :D Masih mending Jawa hehehe

9 Juni 2012 05.36

ini si mamah musti ikut kursus sunda juga ya hehe. kulon, wetan, kidul, lor-nya sama dg bahasa jawa ternyata, baru tahu ...

9 Juni 2012 05.36

Harusnya memang menguasai bahasa Sunda karena tinggalnya di kawasan Jabar.
Bahasa kan sebenarnya kebiasaan, asal sering mendengarkan dan belajar melafadzkan, lama2 kan bisa juga.
Ipung dan adik2nya pintar bahasa Sunda walau dia bukan orang Sunda.

Salam sayank selalu.

9 Juni 2012 05.46

@Waya Komala hehe..
Nuhun..nuhun..

Nyari yang aman aja bahasa Indonesia ya..

9 Juni 2012 05.47

@Imelda Iya Mba..sebatas mengerti saja..
yang penting ga di bodohin,
kalo orang2 ngomong bahsa sunda ato JAwa minimal tau,..
Meskipun cuma menyimpulkan hehee..

9 Juni 2012 05.49

@isma hehhee...ga ah kursus ma mertua ajah..
#yang gratis.

Iya, sama kan wetan, ngalor, ngidul..
tapi masih di pikirin dulu ada yang nanya..ntar2..ckckkc..

9 Juni 2012 05.51

ini mungkin membantu

http://www.kamusbahasasunda.com/

*aku juga ga bisa bahasa jawa loh :p

9 Juni 2012 05.52

@Pakde Cholik Mo belajar Budhe Ipung juga ahh..
Iya Dhe, kebanyakan sih denger, tapi yang umum2 aja *itu pun kalo ketemu sunda asli*
Kebanyakan mah Campuran Indo-Sunda ngomongnya..hihii..
*kasar pula*

9 Juni 2012 05.55

@r10
Iya bener..
Aku suka nanya di situ jugaa..

hihih..Ternyatah..
Dunia lengkap,
makasih ya Mbah Google..
makasih R1o ya..

Ayo sini tak ajarin bahasa jawa..

9 Juni 2012 06.57

klo bahasa sunda halus mah, belajar sama eMak ajah.. dijamiiiinnn... #ancur. :P

Alhamdulillah hari ini dah selesai UKK nya olive, besok ud boleh jalan-jalan bareng Mo dan Po.

9 Juni 2012 07.11

jadi ingat waktu hari pertama pindah sekolah ke karawang. Ada teman baru nanya..."Bumina dimana..?" Aku heran banget ini orang kok nanya2 bumi dimana... ya bumi lah bukan di bulan... Dia sampai mengulang2 pertanyaannya bbrp kali... akhirnya dengan kepedean aku jawab... "Pindah dari Pekanbaru." (kirain nanya pindahan dr mana)...
hahaha... yang nanya ketawa sambil menjelaskan maksudnya dengan bahasa indonesia yang rapiii...

9 Juni 2012 07.20

Wadoooh asli dechhh aku malah nggak ngerti ama bahasa Sunda, baik yang halus ataupun yang tak halus :)

Kalau bahasa daerah Palembang lebih mirip bahasa Indonesia, melayu gitu Teh, jadi agak mudah :) Nah kalu bahasa Lampung yang agak sulit :(

9 Juni 2012 07.23

Salam Takzim
Untung ada sumpah pemuda jadi saya tidak perlu berbahasa sunda menulis komentar disini
Ayeuna tos tiasa sunda euy
Salam Takzim batavusqu

9 Juni 2012 07.30

teh, keluarga sy malah 100% sunda.. Tp wkt adik sy SD & dpt pelajaran bahasa sunda tetep aja nilainya biasa2 aja.. Sepupu sy yg tinggal di Bdg juga nilainya biasa2 aja.. Jd suka diledekin giliran bahasa Inggris nilainya bagus tp bahasa Sunda biasa aja.. Hehehe... Tp emang susah sih pelajaran bahasa daerah yg di sekola itu.. Krn bhsnya kan halus..

mida
9 Juni 2012 07.31

Saya juga Teh yang pituin urang sunda masih aja nemu kosakata bahasa sunda yang ajaib dari ortu, hehehe... Kalo baca majalah Mangle apalagi :p

Sekarang lagi nyari kursus gratis bahasa jawa pantura yg ngapak-ngapak, soalnya kalo keluarga suami dateng cuman bisa nyengir ge-je, hahaha...

9 Juni 2012 07.40

hehe, kirain mbak nchie ini mahir bahasa bunda lho....

9 Juni 2012 07.56

haha...ibuku juga selalu jadi kamus berjalan bahasa jawa buat para cucunya...
wilujeng enjing, Teh Nchie...

9 Juni 2012 08.16

waktu SD aja aku paling males pelajaran bahasa sunda susaaaah, padahal sehari2 ngomong sunda cuma beda kan kalo pelajaran

9 Juni 2012 08.22

hehehe...baru pengen minte ajarin ame bunda, ternyate bundanye mati gaya *tepok alis* :D

dirumeh mah kagak pake bingung palingan, akhirannye cuman diganti pake huruf 'E' ^__^

9 Juni 2012 08.39

wkwkwk.. si teteh ini... itu yg di footnote bikin ngakak.. :))
orang yang tinggal di area berbahasa sunda aja nggak ngerti apalagi aku? haha..
alhamdulillah masih ada bahasa Indonesia ya, bahasa pemersatu warga negara Indonesia

9 Juni 2012 08.51

Hayu teh urang nyarios basa sunda hihihihi.

9 Juni 2012 09.18

hihihihi, nyeungseurikan nchie heula ah ...

ternyata .... kita sama ! :D

tapi saya belum perlu mbah google kalau soal bahasa sunda, masih ada kamus pribadi yg ada disamping.

eh, kalau soal wetan kulon mah saya masih ngerti. Yg masih bingung, permios sama neda widi apa bedanya ya .. :))

9 Juni 2012 09.46

Saat anak2 sekolah di Bogor, kami kesulitan pelajaran bahasa daerah dan bersyukur belajar dengan tetangga, tuk lolos dari batas minimal. Dulu henteu tiyasa ayeuna parantos lupa. Salam

9 Juni 2012 10.06

jadi inget ponakanku yg sekolah di bekasi mbak
kaget pas dapat pelajaran bahasa sunda,
tapi alhamdulillah, bisa ngikutin dan nilainya bagus
cumaaaaaaaaa ya segitu doang, tetep gak bisa ngomong hahaha

9 Juni 2012 10.33

Persis seperti keluhan teman saya yang saat ini tinggal di Cianjur ketika anaknya ujian bahasa SUnda kemarin. Lho wong ibunya asli Jawa Timur, maka semua diserahkan bapaknya yang asli SUnda.

Kalo istri saya asli Jawa termasuk saya, hanya saja istri saya lahir sampai SD di Cirebon jadi saya agak tahu bahasa Sunda Cirebonan dari istri saya

9 Juni 2012 10.35

hehehe...dah resiko tinggal di daerah yg pake bhs sunda mbak, tp anak2 biasanya daya tangkapnya kuat lho...spupuku org jawa tp karena kecilnya di makassar jago bahasa makassarnya

9 Juni 2012 11.07

saya orang sunda mbak hanii !! bILIH Bade pangwulangkeun bhasa sunda ka abdi we nya hahah :D

hayooo ngerti ga tuh mbak hanii :D

Hehehe,,kalau saya mah kesulitan dalam bahasa Jawa Alus Teh, apalagi kalau nenek sedang ngobrol, hadehh gak paham blas, tapi kalau bahasa Madura monggo hehe

9 Juni 2012 14.31

Saya suka belajar Bahasa Sunda. Seru. Dulu, temen saya yang orang Sunda sering saya tanya2in kosa kata Sunda.

9 Juni 2012 15.04

ya begitulah bahasa sunda. banyak bahasa serapan. kalau bicara sunda ok, kalau pelajarannya aku gak ok,, lieurr,,

9 Juni 2012 15.39

haha mamah olive masih ngapalin kaler kidul wetan... tinggal ditasik atuh mah ambeh tiaya lancar bahasa sundana.

9 Juni 2012 15.59

Aku orang sunda tapi juga enggak begitu mahir kalo ngomong sunda.. Kalo nngerti sih bisa dikit2.

9 Juni 2012 18.13

hihihi, lucu :D aku lumayan ngerti sunda, tapi gak bisa ngomongnya. gawaaaaat, hihihi...

9 Juni 2012 19.08

hihihihi, jadi gitu teh ceritanya, karunyak ...:P
saya malah gak pernah belajar sunda mba, tau-tau udah lancar aja, kok bisa ya ..., :p

9 Juni 2012 22.28

bisanya cuma: damang..??
jwb : alhamdulillah, hehehhe
gitu y mam....

10 Juni 2012 00.56

aku kesulitan basa jawa. Sama juga, yang dimaksud jawa halus. Dan aku kalo ngafalin kosa kata arah ya begitu, yang aku inget tu selatan alias kidul alias nyi roro kidul alias pantai ratu selatan. Dan sisanya, nggak tau daaaaaaaah...

10 Juni 2012 19.57

ahahaha ceritanya hampir sama tuh Teh dengan mbak Intan yang anaknya kesulitan dengan pelajaran bahasa Sunda.

sebenare dilema juga loh tuh kalau ada ortu yang membiasakan anaknya sejak kecil berdialog bahasa Indonesia. Jika tak diimbangi bahasa daerah masing-masing

10 Juni 2012 20.35

@LJ Iya Mak Alhamdulillah, rada legaa..
Hah..jadi bebas Online..qiiiq..

Waah..gawat Si Emak nih..

10 Juni 2012 20.36

@Lovely Little Garden HAhaaa..lucu..lucu JEnk..!!
Bisa ajah..

10 Juni 2012 20.37

@Yunda Hamasah hehe..jangankan Mba KEke, aku aja masih bingung..

iya yah, melayu agak masih bisa di mengerti ya..

10 Juni 2012 20.38

@Batavusqu Hehee..
Kang Isro, kmana aja, sibuuk ngegowe ajah nih..

ituuh bisa ngomong sunda..

10 Juni 2012 20.40

@ke2nai Emang begitu Chi..
Susah banget pelajarannya bahasa daerah..
KAlo ngomong sih masih bisa belajar dan dengerin ngobrol orang ya..
pokoknya nyeraah,..!!

10 Juni 2012 20.40

@mida Mangle??
Tidaaakk..!!
suka lucu pas bacanya, bari jeng ga ngerti..!!

10 Juni 2012 20.41

@Mami Zidane MAhir logat sunda ajah Mami..

10 Juni 2012 20.42

@Mechta hihih..iya bener..
Kamus berjalan ya..!!

10 Juni 2012 20.42

@Lidya - Mama Cal-Vin samaaaa...!!
mendingan pelajaran kimia sama fisika aja deh..

10 Juni 2012 20.43

@Si Belo LAngsung mati gaye *nay mau kursus*
Lha iyah kalo betawi gampang,..

10 Juni 2012 20.44

@Ari Blogspot Hmm si Ari, senneg gitu ngetawain..Puass loh..!!

Iya ya, bahasa Indonesai, bener2 bahasa persatuan..!!

10 Juni 2012 20.45

@Orin Hayu Oriin, ngobrol biasa campur2..

10 Juni 2012 20.47

@dey Hmm..si Teteh nya nyeungseurikeun,..sudah puas teh..!!

Enak bapa Fauzan, tauu..
Nah si Po, giliran di tanya banyak mikirnya, jawabannya ga ada hehhe..

Apalagi yang itu, Nyerah..!! Angkat TAngan !
Dulu ada PR gitu..
Olive niron aja ke temen ato dah ga usah di isi.... *ngajarin ga bener*

10 Juni 2012 20.54

@prihhehe..tetep lupa nyaa..

10 Juni 2012 20.55

@nicamperenique Hehe..emang susah Niq..

10 Juni 2012 20.56

@Djangkies Hiks..nasib yang samaa PAk Ies..
Wahh..bahasa cirebonan, hihi lucu loh, aku punya temen juga, ngobrolnya aneh, ..

10 Juni 2012 20.57

@Dhymalk dhykTa Waah hebat ponakannya..

10 Juni 2012 20.58

@dea Ngertii itu mah..
ASiik punya kamuus berjalan lagii!!

tunggu ya kalo Olive ada PR ntar

10 Juni 2012 21.00

@भीम Sofyan भीम Sama lah KAng..
bahasa daerah yang halus emang agak susah,,

Bahasa MAdura wow..
ajarin donk..!!

10 Juni 2012 21.00

@भीम Sofyan भीम Sama lah KAng..
bahasa daerah yang halus emang agak susah,,

Bahasa MAdura wow..
ajarin donk..!!

10 Juni 2012 22.12

@Millati Indah waah..senengnya..
emang lucu ya kalo belajar bahasa daerah..

11 Juni 2012 11.15

Ah iya, memang bahasa daerah rumit ya teh :D

aku juga terpaksa belajar bahasa Batak, walopun belum bisa ngomongnya, at least bisa ngerti dan tau kalo lagi diomongin..hihi

12 Juni 2012 12.54

sama aja mbak...
bahasa Jawa juga susah2 gampang.. kalo yg bahasa harian mah gampang, tp yg alus2 itu loh..
beruntung, di kantor saya ada temen yg jago bahasa Jawa.. sering dengerin dia bicara, ya nambah kosakata 1-1 lah...

tapi emang penguasaan bahasa lokal itu penting loh mbak, kadang dengan diselipin satu ato 2 kata halus bahasa lokal, bisa mempengaruhi lawan bicara... lebih melembutkan gitu lah...

6 Maret 2013 00.37

hahaha....
inget pertama pindah sekolah ke tempat enin di Rajamandala, aku disuruh nunggu warung ma bik Iyat coz beliau mo sholat, pas nunggu eh ada anak kecil datang bari nanyak 'teh aya bola kayas ?' aku langsung aja cari2 bola, perasaan ga ada deh...aku bilang aja 'ga ada dek' tapi si anak ngotot, hadeuch....rupanya yang dimaksud bola itu adalah benang jaiht.
ya...aku kan lahirnya di Pontianak dan besar di Pontianak, mana ngerti lah dan alhamdullillah sekarang aku udah lancar bahasa sundanya, tapi tetap aja ga berani lo mesti ngomong ma orang yang lebih tua, sieun kasar bahasa na jeung sok kagok lah bade ngucapkeun na, kalereusan di pontianak pan bahasana melayu asli, janteun mun ngobrol jeung orang tua mah sok nganggo bahasa Indonesia, najan di taros kubahasa sunda ge, anggeur wae ngajawabna ku bahasa Indonesia.

Posting Komentar

ª

Grey Floral ©  Copyright by mama olive | Template by Blogger Templates | Blog edit by olivi@network